Kerajaan Inggris Dukung Papua Dan Papua Barat Kembangkan Ekonomi Hijau?

Mfaqih.com - Seiring perkembangan pemanfaatan ekonomi dengan menyelaraskan potensi alam yang ada di tanah Papua dan Papua Barat. Pemerintah Kerajaan Inggris mendukung upaya Provinsi Papua dan Papua Barat mengembangkan green economy [ekonomi hijau] sebagai bagian dalam program pembangunan berkelanjutan di dua daerah tersebut.


Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Provinsi Papua Barat, Charlie Heatubun di Manokwari, mengatakan UK Climate Change Unit [UKCCU], sebuah Lembaga Perubahan Iklim Inggris sejak beberapa tahun lalutelah melakukan pendampingan di Papua dan Papua Barat.

Melalui lembaga tersebut Pemerintah Kerajaan Inggris mengeluarkan dana sebesar Rp 400 miliar untuk Papua dan Papua Barat.

"Awalnya pemdampingan dilakukan untuk penataran ruang dan perencanaan spasial, namun sejak 3 tahun terakhir difokuskan pada pengembangan ekonomi hijau", ucap Heatubun.

Melalui anggaran dari Kerajaan Inggris petani dan nelayan di Papua serta Papua Barat memperoleh pendampingan. Di Papua Barat ekonomi hijau difokuskan pada beberapa komoditas diantaranya rumput laut, kakao, kopi, buah pala serta kelapa.

Heatubun menyebutkan pengembangan rumput laut difokuskan di Teluk Wondama dan Raja Ampat, perkebunan kakao di Mnokwari Selatan, buah pala di Fakfak dan kopi di Pegunungan Arfak. Sedangkan kelapa, dikembangkan di sejumlah kabupaten diantaranya Manokwari.

Dia berharap bantuan donor Internasional ini bersinergi dengan program Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal, serta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten.

Sumber: papuanews[.]id

Well, demikian pembahasan terkait Inggris Dukung Papua Dan Papua Barat Kembangkan Ekonomi Hijau? pada artikel kali ini, semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi terbaik buat sobat pembaca sekalian. Berlangganan, untuk dapatkan notifikasi terbaru secara gratis.

Posting Komentar

0 Komentar