FIX, Pemekaran Papua Dimatangkan!

Mfaqih.com - Wacana pemekaran Papua bergulir cepat setelah kunjungan Presiden Joko Widodo [JOKOWI] ke Wilayah tersebut pekan ini.Menteri Dalam Negeri [Mendagri] Tito Karnavian menyatakan, setidaknya satu dari dua Provinsi vbaru di Papua sudah pada tahap finalisasi.


"Pemerintah pusat kemungkinan mengakomodasi hanya penambahan dua Provinsi. Ini yang lagi kita jajaki. Yang jelas, Papua Selatan sudah oke lah", ujar Tito di kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa [29/10/2020]. Mendagri menyatakan, telah bertemu Bupati Merauke Frederikus Gebze guna membahas pemekaran itu.

Papua Selatan akan mengambil sebagian daerah Provinsi Papua, yaitu Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat dan Kabupaten Merauke. Untuk memenuhi syarat minimal lima kabupaten/kota untuk menungjang Provinsi baru. Menurut Tito, Merauke akan dipecah menjadi Kota Merauke dan Kabupaten Merauke.

"Papua Selatan Hampir tidak ada masalah, termasuk Gubernur Pak Lukas Enembe tidak ada msalah", kata Tito. Ia juga mengatakan, rencana pemekaran dua provinsi baru di Papua tak terhambat kebijakan moratoriumdaerah otonomi baru [DOB] yang diterapkan sejak 2014. Soal Provinsi baru lainnya di pegunungan tengah Papua, kata dia, masih menunggu kesepakatan pihak terkait.

Provinsi Papua Tengah diwacanakan akan meliputi juga wilayah di utara Papua yang meliputi wilayah kepulauan, seperti Biak Numfor, Supiori, Yapen, Waropen, Serui dan Pesisir Nabire. Kepala-kepala daerah di wilayah itu belakangan sedang memperjuangkan provinsi sendiri.

"Yang tengah dan atas ini yang masih tarik-menarik apakah aspirasi dari Papua Tengah ini mau enggak", ujar Tito. Ia menekankan, tak perlu menggunakan kekerasan dalam memperjuangkan aspirasi tersebut.

Sumber: papuanews[.]id

Well, demikian pembahasan terkait FIX, Pemekaran Papua Dimatangkan! pada artikel kali ini, semoga dapat menjadi referensi terbaik buat sobat pembaca sekalian. Jangan lupa untuk berlangganan, guna mendapatkan update-an terbaru secara gratis.

Posting Komentar

0 Komentar