8 Oknum ASN KAB. Fakfak Dilaporkan ke KASN?

Mfaqih.com - Badan Pengawas Pemilu [BAWASLU] Kabupaten Fakfak kembali merekomendasikan 8 Oknum Aparatur Sipil Negara [ASN] dilingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten FakFak ke Komisi Aparatur Sipil Negara [KASN].

Sebelumnya 4 Oknum ASN direkomendasikan ke KASN, sehingga total keseluruhan menjadi 12 Oknum ASN yang direkomendasikan ke KASN.


Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa [HPPS] Bawaslu kabupaten Fakfak, Abdul Tanggi Iriwanas mengatakan, 8 Oknum ASN diduga telah melanggar Asas Netralitas ASN.

"Karena diduga melanggar Asa Netralitas ASN, sehingga kami bawaslu merekomendasikan ke KASN untuk dapat di proses sesuai amanat undang-undang" ujar Tanggi, sapaan akrabnya.

Bawaslu pada prinsipnya, kata Tanggi hanya menerima laporan atau menemukan, mengkaji serta merekomendasikan ke KASN.

"KASN lah yang akan memutuskan ada atau tidaknya pelanggaran dan memberikan sangsi", ujar Tanggi.

Netralitas ASN, beber Iriwanas diatur dalam Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS, dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, tentang disiplin PNS.

"Juga diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 14 Tahun 2017 tentang penanganan laporan pelanggaran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakill Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, juga Perbawaslu Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pengawasan Netralitas ASN, Anggota TNI dan Polri", jelasnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang hendak menemukan dugaan pelanggaran Netralitas ASN, untuk dapat melaporkan ke Bawaslu.

Sumber: kabarfakfak[.]com

Well, demikian pembahasan terkait 8 Oknum ASN Fakfak Dilaporkan ke KASN? ppada artikel kali ini, semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi terbaik buat sobat pembaca sekalian. Berlangganan, untuk dapatkan update-an terbaru secara gratis.

Posting Komentar

0 Komentar